Posts

Showing posts from 2012

Cinta, Kopi dan Laptop

Selalu suka kopi dan laptop, rasa pahit yang tak berlebihan namun menyegarkan..

Entah harus melanjutkan dari mana, tiba-tiba aja aku suka dengan hal yang rumit; pemograman. Yang menurut sebagian orang, profesi programmer itu rumit; Kerjaannya cuma menerjemahkan bahasa manusia ke bahasa mesin lalu di keluarkan lagi dalam bentuk sederhana.

Bagi kita itu tantangan, paling penting sih kepuasan hati karena hal rumit bisa jadi sederhana.. Namun kadang hal sederhana juga bisa jadi rumit,, itu terjadi jika galau datang.

Alhamdulillah akhir-akhir ini jarang juga didatangi mbah galau, kalo biasanya nulis yang galau-galau di facebook, blog, friendster (*masih zaman gak ya?) itu sebenernya cuma belajar sastra aja, gak galau benaran, suweeerr.. Aku yakin orang sastra ituuu, orang yang paling galau untuk membuat kata-kata sederhana menjadi rumit tapi aku gak sukses-sukses juga untuk jadi programmer.

Aku cinta pemograman, tapi aku lebih sayang sama kamu. Sangat di sayangkan sampe sekarang aku belum bi…

Bangun siang rejeki tetap datang, Benarkah?

Entah harus mulai dari mana, tiba-tiba aja aku suka dengan sesuatu yang empuk-empuk; bantal. Apalagi kalau liburan kayak hari ini, pengen nidurin terus, meluk-meluk ampe sore, ampe lupa mandi, dan tentu saja ampe kucing rumah bawa ikan goreng tetangga ke depan mataku..

Pengen banget mentahkan pepatah orang jaman dulu, “kalau bangun siang rezeki bisa dipatok ayam”. hmm.. cerita minggu lalu, ayam belum berkokok dan aku udah bangun aja sarapanku bisa diembat kucing.. Apakah mungkin minggu ini, aku bangun siang lalu kucing rumah bawa ikan goreng tetangga ke depan mataku??? atau mungkin ayam tetangga masuk rumah, disekap, idupin musik keras (kalau bisa lantunkan musik yang ada efek-efek suara ayam kayak lagu jamrud gitu), baru lakukan eksekusi pemotongan 3 saluran yang ada di leher ayam :-)

Waaahhh,, kayaknya ide-ide seperti ini hanya muncul diimajinasi orang-orang yang bangun siang ya? Makanya, Jangan bangun siang!!! menurut temanku yang gak mau d
isebutkan namanya, bangun pagi itu bisa mem…

Pagi yang cerah, semoga secerah hatiku, hatimu dan hati-hati di jalan..

Hari minggu tanpa kegiatan itu hampaaaa rasanya. Kalau biasanya bangun => mandi => berangkat. Realitanya bangun => sholat => tidur lagi => bangun laginya telat => langsung berangkat (*gak pake mandi). Jadi hari ini  baru terbangun jam 5 => sholat => mau tidur lagi tapi gak bisa. Jari-jari udah pada sibuk ngotak ngatik keypad berbalas pesan singkat ama teman baikku saat ini dan semoga jadi teman baikku untuk selamanya, Aamiin.

Saking sibuknya, subuh-subuh perut udah kruyuk-kruyuk minta jatah. Dengan semangat '45 kuambil kunci, ke garasi,, brum bruum berangkat cari nasi..

ku telusuri dari ujung serdam (*yang kebetulan pada saat cerita ini ditulis domisiliku adalah di ujung jalan sei raya dalam- dalam sekali -tempat jin betendang) tidak kutemukan sepintu toko pun yang terbuka, hingga ku lewati pasar pagi serdam yang beberapa minggu lalu membuat mukaku tersipu malu. Dalam hati kutegaskan aku tidak akan berhenti lagi sampai di pasar pagi ini..

Yaa,,ketegasanku t…

Terjemahan lagu "I'm your secrets - Steve pay"

Pegang tanganku
Lihatlah ke mataku
Katakan apa yang kau lihat
Karena mata tidak pernah berbohong

Dan semua yang pernah kau lakukan
Dan segala sesuatu yang kamu tahu
Dan dalam setiap mimpi yang pernah kamu miliki
Aku berada di sana bersamamu

Ceritakan semua yang kau bisa
karena aku orang yang akan memahamimu
Akulah semua fantasimu
Dan setelah semua itu hanya tentang kau dan aku

Aku rahasiamu

Dan ketika kau terluka karna beban dunia
tidak ada yang akan ku lakukan
dan disaat kau meninggalkan dunia
Aku akan pergi bersamamu

Ceritakan lagi tentang cinta yang tak berujung
pembicaraan dengan matahari, bulan dan bintang
apa yang kau pikirkan tentang Allah dan manusia
katakan padaku tentang sesuatu yang tidak ada seorangpun yang akan mengerti

karena aku rahasiamu

Kau bertanya "apakah cinta itu bohong?"
dan "apakah dunia ini terlihat gila?"
"mengapa kita menangis?"
dan "apakah hidup ini benar-benar hanya mimpi?"

Ceritakan semua yang kau bisa
Akulah yang akan memahamimu
Aku salah sa…

Jangan ke pasar pagi, kalau mau ngopi

Entah angin apa yang membawaku ke tempat ini pagi-pagi. Dengan langkah sempoyongan kumasuki pasar pagi yang dipenuhi oleh ibu-ibu yang mau menyiapkan menu-menu kuliner untuk keluarganya.

Terhenti langkahku pada sekerumunan ibu-ibu yang memilih ikan, udang dan seanekaragam menu laut (bc: pasar ikan), di sana ada sebuah kursi tanpa penghuni, segera kuhampiri dan langsung kududuki dengan posisi kaki serasa di warung kopi.
Melihat ibu-ibu memilih dan berebut ikan-ikan segar, cukup membawaku ke sebuah kenangan manis, yang walaupun hanya bisa dihitung dengan jari, tapi aku bangga sudah pernah mengantar ibuku berbelanja di pasar pagi.

Entah karna sistem pencernaanku sedang error atau apa, aku terhanyut dalam lamunan,,yaa walaupun saat mengantar ibu aku hanya menunggu di warung kopi, tapi cukuplah. Tiba-tiba sang penjual ikan bertanya "Bang, mau ikan apa? pilihlah!!!". Dengan intonasi orang pasar, tentu sangat-sangat mengagetkanku. Dengan malu-malu kujawab "Ada kopi ndak bu?&qu…

Terjemahan unyuk-unyuk Tornado of Souls - Megadeth

Pagi ini aku menelepon
Salah satu yang mengakhiri semuanya
Menutup telpon, aku ingin menangis
Tapi sial, rasa ini menghilang, kering
Bukan untuk uang, bukan untuk ketenaran
Bukan untuk kekuasaan, hanya tidak ada lagi permainan
Tapi sekarang aku aman di mata tornado
Aku tidak bisa mengganti kebohongan, yang membiarkan seribu hari pergi
Tidak ada lagi yang hidup terperangkap di dalamnya
Dengan cara itu aku pasti akan mati
Dengan Mata tornado, aku ditiup pergi

Kamu akan tumbuh untuk membenci namaku
Kamu akan tetap sama membenciku
Kamu tidak akan membutuhkan nafasmu
Dan segera, kamu akan menemui ajal kematianmu
Bukan dari tahun, bukan dari penggunaannya
Bukan dari air mata, hanya pelecehan diri

Siapa yang bilang apa yang pantas dikatakan untuk ku? . . . jadi . . . lakukan . . .
Sebab sebuah ketiadaan yang besar akan selalu untukku
Pulau kesempatan
Kesempatan emas untukku
Masa depanku terlihat begitu cerah
Sekarang, aku telah melihat masa depan yang bercahaya

Tidak bisa mengatakan apa yan…

Indahnya Iman sebagai cahaya yang menyinari manusia

Pada sebuah kejadian imajinasi, terdapat dua gunung besar yang saling berhadapan. Di atas keduanya ditancapkan sebuah jembatan gantung besar yang menakjubkan. lalu di bawahnya terdapat sebuah lembah yang dalam. Aku berdiri di atas jembatan tersebut. Sementara seluruh isi dunia diliputi oleh kegelapan yang pekat.

Aku melihat ke sisi kanan; ternyata ia berupa pekuburan besar di bawah sayap kegelapan yang tak bertepi. Kemudian aku melihat ke sisi kiri; bahwa kulihat gelombang hitam menerjang kuat serta bencana hebat menerpa seakan-akan ia siap menyerang.

Yang kumiliki hanya sebuah lentera dengan cahaya yang sangat lemah di tengah selimut kegelapan yang luar biasa. Hanya itu yang dapat kupergunakan.

Kondisinya sangat mencekam. Aku melihat sejumlah singa, dan hewan buas di setiap tempat bahkan sampai ke ujung dan tepi jembatan. Ketika itu aku berharap andai saja tidak memiliki lentera yang justru memperlihatkan makhluk menakutkan tadi. Sebab ke mana saja aku mengarahkan cahaya lampu, seju…

inilah AKU! dengan segala kekurangan dan kelebihanku!

Try to love yourself!
Whoever your are
Whatever you do
sekalipun banyak rambut yang rontok,
sekalipun banyak duit di dompet
percayalah, bahwa apa yg telah diberikan Tuhan padamu adalah yg terbaik untukmu.
jangan banyak mengeluh
jangan lagi menangis
dan jangan lupa gosok gigi sebelum tidur.

coba cintai dirimu
coba banggakan dirimu
buat ia merasa hebat tanpa lencana dari pejabat
stop to make your self be perfect!
kamu gak butuh semua itu ,
jangan banyak menuntut
jangan lagi bekaloot
dan jangan pernah menyesali “kenapa aku tak seperti dia ?”
“kenapa aku? kenapa selalu aku… dan kenapa aku…”
tapi katakan;
inilah AKU!
dengan segala kekurangan dan kelebihanku!
lalu tersenyumlah :)

(*NB: Jangan coba2 senyum sendiri, jika tak ingin bangun pagi.

Senyum sendiri

UTS tadi malam gagal, gara2 setengah semester baru masuk 2 kali. dan digantilah dengan jadwal perkuliahan yang hampir jam 10 baru selesai. Aktivitas siang kemarin telah menguras mata sipitku, akibatnya kuliah baru berjalan beberapa menit aku sudah dilanda rasa kantuk. Untung aja sore kemarin sempat baca artikel tentang menghilangkan rasa kantuk di kelas, yakni; ngemut permen, ngejailin teman, dan ngelakuin hal indah.

Kebetulan aku jarang bawa permen, trus gimana mo ngejailin teman? aku aja duduk sendirian, paling depaaan lagi. jadi terpaksa ngelakuin cara yang terakhir; ngelakuin hal indah, senyum-senyum sendiri. :-D

Waktu dosen lagi serius seriusnya menjelaskan, aku lihat suasana sekitar memastikan gak ada yang melihat, diam-diam aku mulai senyum pelan, terus agak kencang dikit, trus gigi mulai kelihatan dan mata makin menyipit.

ketika kantuk udah ilang dan mulai konsentrasi dengan penjelasan dosen, adek tingkat cewek yang satu kelas di sebelah kanan mejaku melotot sambil dengan muka …

Perahu Kertas - Perahu Bekkas

Image
Quote yang ada di Perahu Kertas - Perahu Bekkas

"Karena hati tak perlu memilih, ia selalu tau kemana harus berlabuh"
"Kepala kamu akan selalu berpikir menggunakan pola 'harusnya' tapi yang namanya hati selalu punya aturannya sendiri"
"Carilah orang yang nggak perlu meminta apa-apa, tapi kamu mau memberikan segalanya"
"Nyerah sama Realistis itu Beda Tipis"
"Apa yang orang bilang realistis belum tentu sama dengan apa yang kita pikirkan"


Radar Udang - Radar Neptunus
Perahu Kertas - Perahu Bekkas

Melankoli Kopi

: Emak

cintanya telah mendidih.
begitu matang –terlihat dari gelembung berbagai rindunya sudah pecah karena waktu yang dulu disulut telah memanas, mengirim buncah.
begitu sayang.
pada secangkir dimana segala miliknya diracik dan ditakar, cintanya dituangkan.
diletakkan itu di pojok meja yang sebagian hidupnya rela menguap di sana.
siapa yang mampu menahan, pun aku mau berebut demi sehirup kehidupan.

tak peduli sebentuk apa, hanya oleh cinta yang mendidih hidup laek dihirup dan dinikmati.
ia memasaki itu jauh sebelum kamu mengerti mimpi.

bila memang benar ada warna, ia memilih hitam.
seperti kopi yang ia suguhkan.
yang mana seluruh warnamu bisa tertelan dan tak kelihatan.
 atau dimana cintanya tak mampu kau temukan;
pekat diraba dan engkau akan tersesat, namun amat dekat dirasa dan sangat lekat di tenggorokan.

seduh dengan doa, sebagaimana tulus ia menyajikan cinta.

#Naim Ali

Cinta adalah

cinta adalah sesuatu yang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata logika.

Jika ia 'hadir' sebagai cinta…
ia tidak mendengar,
namun memberi getar.

Jika ia 'memandang'nya sebagai cinta…
ia tidak buta,
ia tidak gelap,
tapi ia hadir dalam terang hingga bisa dilihat dan dirasa.

Jika ia 'hidup' dalam sebuah cinta…
ia tidak menyiksa namun menguji,
karena cinta adalah perjalanan dari ujian menghilangkan kepentingan diri sendiri sampai ujian kesabaran melawan rasa bosan.

Jika 'rasa ingin' itu dihidupkan oleh cinta…
ia tidak memaksa namun,
sentiasa berusaha.

Jika ia sebuah 'wajah' ditarik dalam gegap cinta…
ia tidak cantik tapi wajahnya menciptakan bait-bait.

Jika 'tindakan' itu bagian dari rasa cinta…
ia tidak berjanji,
tapi memenuhinya dengan ketekunan mewujudkan mimpi.

Jika ia cinta…
ia mungkin tidak suci,
tidak sepenuhnya dihidupkan oleh senyum keriangan,
mungkin ada tangis didalamnya
namun gejolak cinta tetap hidup dalam imban…

Sifat dan Akhlak Rasulullah

Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam lain daripada yang lain
karena kesempurnaan penciptaan fisik dan akhlak beliau
yang tidak cukup hanya digambarkan lewat kata-kata.

Akibatnya, semua hati pasti akan mengagungkan dan menyanjung beliau,
yang tidak pernah diberikan kepada selain beliau.
Orang-orang yang hidup berdekatan dengan beliau,
pasti akan mencintai beliau, tidak peduli apa pun yang bakal menimpa mereka.
Hal ini terjadi karena memang kesempurnaan diri beliau,
yang tidak pernah dimiliki siapa pun.

Dia sangat bersih,
wajahnya berseri-seri,
bagus perwatakannya,
tidak merasa berat karena gemuk,
tidak bisa dicela karena kepalanya kecil,
elok dan tampan,
dimatanya ada warna hitam,
bulu matanya panjang,
tidak mengobral bicara,
lehernya panjang,
matanya jelita,
memakai celak mata,
alisnya tipis,
memanjang dan bersambung,
rambutnya hitam,
jika diam daia tampak berwibawa,
jika bicara dia tampak menarik.
Dia adalah orang yang paling elok dan menawan dilihat dari kejauhan,
bagus dan manis sete…

Ibu adalah

Saat seluruh kata milikku telah habis
Airmata mengering tak bisa lagi menangis
Duka terendap penuhi relung batin
Tak ada cukup ruang bagi tawa tuk bermain

Hanya muram meliuk diwajah
Begitu sempurna melukis gundah

Lalu, dia mendekat dengan raut kesejukkan
Menghembus kasih menghalau keresahan
Cintanya menuntunku keperaduan sejati
Melukiskan jelas segala hal yang sulit kumengerti

Dia, mengajarkan ku agar lebih bijak dalam bersikap
Katanya, apa pun terlalui jika keyakinanku penuh rasa mantap

Ibu, dari teduh tatapmu ku mengenal ketulusan
Dari teguh tekadmu jua kutahu apa itu perjuangan
Bahkan ketika aku terjatuh begitu dalam tersungkur
Kau tunjukkan celah tuk bangkit selipkan syukur
Memberi berjuta alasan bahwa hidup sangatlah indah
Membuatku percaya akan selalu ada harap merekah
Selama kumelangkah dijalan-Nya pastilah berkah
Juga seiring murni kasih sayangmu yang berlimpah

Ibu, untuk segalanya tak kan cukup aku berterima kasih
Meski nanti kedua mata ini sepenuhnya memut…

Karena tidak selamanya ibu bisa mendampingimu

Teringat akan sebuah kisah di masa kecil:
“Bu, temanku tadi cerita kalau ibunya selalu membiarkan tangannya sendiri digigit nyamuk sampai nyamuk itu kenyang supaya ia tak menggigit temanku. Apa ibu juga akan berbuat yang sama?”

Ibu-ku tersenyum dan menjawab terus terang, “Tidak. Tapi, Ibu akan mengejar setiap nyamuk sepanjang malam supaya tidak sempat menggigitmu atau keluarga kita.”

Mendengar jawaban itu, aku tersenyum dan kembali meneruskan permainanku.
Tak lama kemudian, aku teringat sesuatu dan kembali bertanya pada Ibu. “Terus Bu, aku waktu itu pernah dengar cerita ada ibu yang rela tidak makan supaya anak-anaknya bisa makan kenyang. Kalau Ibu bagaimana?”

Kali ini Ibu menjawab dengan suara lebih tegas, “Ibu akan bekerja keras agar kita semua bisa makan sampai kenyang. Jadi, kamu tidak harus sulit menelan karena melihat ibumu menahan lapar.”

Aku kembali tersenyum, dan lalu memeluk ibu dengan penuh sayang. “Makasih, Bu. Aku bisa selalu bersandar pada Ibu.”

Sembari mengusap-usap rambutku, …

Terjemahan lagu Like an angel

Terjemahan lagu Like an angel Versi Suka-suka..

Aku sudah mencarimu
begitu lama
Hidupku sudahdikorbankan
Aku sudahmerindukan untuk kebenaran

Dan sekarang aku sudah menemukan
semua yang ada padamu
Seperti malaikat, kamu datang padaku

Dan sekarangaku melihat

Orang asingdi dalam diriku yang akhirnya bebas
Untuk merasakancinta sejati
Dari surgaaku tahu kamu terlahir
pada sayapcinta

Kamu dibawa padaku
Aku sudahmerindukankebenaran
perjalanan yang jauh
bersamamu

Seperti malaikat kamu datang padaku
Dan sekarangaku melihat
Orang asingdi dalam diriku yang akhirnya bebas
Untuk merasakancinta sejati

Lirik Asli Like an angel by yngwie malmsteen:

I've been searching for you
for so long
My life's been sacrificed

I've been longing for truth
And now I have found
all that in you

Like an angel you came to me
And now I see
The stranger in me is finally free
To feel true love

From heaven I knew you were born
on the wings of love
you were brought to me
i've been longing for truth
journeyed so far
to be with y…

rasa itu semoga bisa dilupakan dengan cara yang baik

Mungkin kamu bisa menghapus bayanganku di dalam hidupmu, tapi ku yakin dirimu tidak bisa melupakan ku, meskipun kita ingin melupakan semua kenangan manis dimasa lalu.

Meskipun rasa yang dulu pernah singgah di hati kita itu adalah bagian dari kelalaian kita dalam menjaga hijab ini, tapi sebenarnya kita tidak perlu menutupi rasa yg pernah ada didalam hati kita, karena itu tanpa sengaja telah melukai hati kita masing-masing, semakin kita ingin melupakan rasa itu, maka semakin rasa itu ada didalam hati kita.

Jikapun kita harus melupakan rasa itu semoga bisa dilupakan dengan cara yang baik, tidak perlu terputusnya persaudaraan diantara kita.

Jika dulu persaudaraan yg pernah terjalin diantara kita dimulai dengan cara yg baik, alangkah sayangnya karena tumbuhnya rasa di hati, kita jadi memutuskan persaudaraan antara kita.

Sungguh cukup memprihatinkan jika persaudaraan yg baik, bisa terputus karena menghindar dari sebuah rasa Cinta yg sudah fitrahnya manusia. Meskipun rasa itu be…

ALLAH Selalu Memiliki Jawaban yang Positif

oleh RENUNGAN N KISAH INSPIRATIF pada 22 Mei 2011 pukul 22:19 ·

Hanya Ia sendiri yang selamat, ketika badai menghempaskan kapal itu. Hidupnya tergantung pada papan besar dan akhirnya Ia dihanyutkan oleh ombak dan terdampar disebuah pulau terpencil yang tidak berpenghuni.

Setiap hari Ia berdo'a kepada Allah supaya ada yang menyelamatkan dirinya dan
dapat kembali pulang ke rumahnya. dan setiap hari pula Ia memandang ke laut, mengharapkan ada kapal yang lewat yang bisa menyelamatkan dirinya. Tetapi yang terlihat hanyalah laut dan langit saja dan apapun yang tidak terlihat lagi. Kemudian ia memutuskan untuk mempergunakan papan yang membawanya ke pulau itu dan membangun sebuah pondok kayu sederhana untuk melindunginya dari dalam lingkungan yang berbahaya ini untuk bisa bertahan hidup, dan untuk bisa menyimpan sedikit hartanya yang tersisa.

Suatu hari ketika ia pulang dari mencari makanan, ia melihat pondok kayunya terbakar, api sangat besar dan asap membumbung tinggi ke lan…

Surat Al-Kausar dan Telaga Nabi

Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak.Maka dirikanlah shalat karena Rabb-mu dan berkurbanlah.Sesungguhnya orang-orang yang membenci kamu, ia adalah yang terputus (dari rahmat Allah). [QS: Al Kautsar : 1-3] Surat Al Kautsar terdiri atas 3 ayat, termasuk golongan surat-surat Makkiyyah diturunkan sesudah surat Al 'Aadiyaat. Dinamai Al Kautsar (nikmat yang banyak) diambil dari perkataan Al Kautsar yang terdapat pada ayat pertama surat ini.
Surat ini sebagai penghibur hati Nabi Muhammad s.a.w.

Pokok-pokok isinya:
Allah telah melimpahkan nikmat yang banyak karena itu bersembahyang dan berkorbanlah; Nabi Muhammad s.a.w. akan mempunyai pengikut yang yang banyak sampai hari kiamat dan akan mempunyai nama yang baik di dunia dan di akhirat, tidak sebagai yang dituduhkan pembenci-pembencinya.

Surat ini menganjurkan agar orang selalu beribadah kepada Allah dan berkorban sebagai tanda bersyukur atas nikmat yang telah dilimpahkan-Nya.

Mantra adalah

Mantra adalah susunan kata yang berunsur puisi (seperti rima dan irama) yang dianggap mengandung kekuatan gaib, biasanya diucapkan oleh dukun, pawang, spiritualis, atau orang yang telah mengetahui tatacara dan syarat untuk menggunakan mantra tersebut dengan maksud untuk menandingi kekuatan gaib yang lain.
Mantra berasal dari bahasa Sanskerta yaitu MAN yang artinya PIKIRAN, dan TRA yang berarti PEMBEBASAN. Jadi Mantra adalah kegiatan membebaskan pikiran. Ketika seseorang sedang membaca mantra maka disaat itu juga selain sedang menjalin komunikasi dan permohonan kepada Yang Kuasa, mantra dengan kata yang ber-rima memungkinkan orang yang membaca mantra semakin rileks dan masuk pada keadaan hening, suwung atau trance.
Asal mula mantra umumnya diperoleh dari ilham (wahyu) atau bisa pula diciptakan oleh seorang dukun (guru spiritual) yang mumpuni. Terlahir dari rasa ingin tahu tentang misteri hidup dan pencarian tentang hakekat kesejatian. Berawal dari keyakinan adanya Yang Maha Kuas…

Sajak adalah

Sajak adalah puisi baru yang bebas daripada peraturan-peraturan dalam pembentukan rangkap, baris, kata-kata dan irama. Sajak mengungkapkan perasaan & pemikiran penyair secara imaginative dan disusun dengan menumpukan semua
Sajak bersifat demikian untuk dapat mengucapkan fikiran penyair dalam cara yang lebih indah, segar dan bebas. 
SIFAT-SIFAT SAJAK Tidak mempunyai imbangan bunyi yang tetap
Sajak tidak semestinya mengemukakan pertentangan bunyi atau rima akhir di hujung tiap-tiap baris ayat atau dimana-mana juga.
Mempunyai rangkap, tetapi bilangan baris ayat pada serangkap tidaklah tetap.
Mempunyai baris-baris ayat yang membangunkan rangkap.
Mempunyai keharmonian atau penyesuaian yang baik antara isi dengan bahasa.
BENTUK-BENTUK SAJAK Disitkhon Sajak yang ditulis dalam bentuk dua baris bagi tiap-tiap serangkap. Terzina Sajak yang serangkapnya terdiri daripada tiga baris Quantrain Sajak yang rangkap-rangkapnya terbangun atas empat baris. Bentuknya lebih menyerupai pantun dan syair…

Syair adalah

Syair adalah  jenis puisi berirama yang berasal dari daerah Arab dan telah dibawa masuk ke Nusantara bersama-sama dengan kedatangan Islam. Saat itu syair telah mengalami perubahan bahasa menjadi bahasa Melayu klasik.
Adapun ciri-ciri syair antara lain: • Biasanya terdiri dari 4 baris serangkap.
• Bersajak aaaa.
• Setiap baris dalam syair mempunyai makna yang berkaitan dengan baris-baris terdahulu. Sebuah syair biasanya menceritakan suatu kisah.
• Suku kata dalam setiap baris adalah sama, yaitu 4 perkataan dan 8-12 suku kata dalam satu baris.
Syair dapat dibahagikan menjadi 2 kategori, yaitu:
• Syair naratif adalah syair berbentuk cerita seperti Syair Siti Zubaidah, Syair Selendang Delima, Syair Panji.
• Syair non-naratif adalah Syair berbentuk nasihat/pengajaran dan agama seperti Syair Ikan Terubuk.
Baca juga: Pengertian Mengarang (Menulis) adalah ...
Contoh syair: Syair Abdul Muluk
Berhentilah kisah raja Hindustan Tersebutlah pula suatu perkataan Abdul Hamid Syah Paduka S…

Kesendirian itu indah bagiku

Kesendirian..
kesunyian..
kegalauan..
kekosongan..
kehampaan..
serta semua bentuk kesepian yang ada..
aku tak peduli….

Sesungguhnya aku tlah berdusta..
sungguh aku telah berdusta!!!
Merintih telah melemahkanku..
menggaung justru membuyarkan konsentrasiku…

Mereka bagai puzzle yang berantakan…
berhamburan bagai kapas yang beterbangan..
aku tak bisa menebak..
aku tak bisa menerka..
bahkan aku tak bisa menjawab semua..

Teriakakanku bagai lolong srigala
yang menyambut malam bulan purnama …
tapi siapa yang mau medengar?!?
bahkan aku telah mengeong bagai kucing kelaparan..
mendesis bagai ular mencari mangsa..
namun,
mereka menjabakku,
mempermaikanku,
menari nari diatas otak kananku..
serta melumpuhkan segala asa yang telah lama kubangun…

sungguh aku telah berdusta dengan semua yang ada
Merintih tidak melemahkanku…
dan sesungguhnya kesendirian itu indah bagiku..

WS Rendra - Doa Orang Lapar

Image
Kelaparan adalah burung gagak
yang licik dan hitam
jutaan burung-burung gagak
bagai awan yang hitam
Allah !
burung gagak menakutkan
dan kelaparan adalah burung gagak
selalu menakutkan
kelaparan adalah pemberontakan
adalah penggerak gaib
dari pisau-pisau pembunuhan
yang diayunkan oleh tangan-tangan orang miskin
Kelaparan adalah batu-batu karang
di bawah wajah laut yang tidur
adalah mata air penipuan
adalah pengkhianatan kehormatan
Seorang pemuda yang gagah akan menangis tersedu
melihat bagaimana tangannya sendiri
meletakkan kehormatannya di tanah
karena kelaparan
kelaparan adalah iblis
kelaparan adalah iblis yang menawarkan kediktatoran
Allah !
kelaparan adalah tangan-tangan hitam
yang memasukkan segenggam tawas
ke dalam perut para miskin
Allah !
kami berlutut
mata kami adalah mata Mu
ini juga mulut Mu
ini juga hati Mu
dan ini juga perut Mu
perut Mu lapar, ya Allah
perut Mu menggenggam tawas
dan pecahan-pecahan gelas kaca
Allah !
betapa indahnya sepiring nasi panas
semangkuk sop dan s…

Puisi WS Rendra - Kupanggil Namamu

Image
Sambil menyeberangi sepi,
Kupanggili namamu, wanitaku
Apakah kau tak mendengar?
Malam yang berkeluh kesah
Memeluk jiwaku yang payah
Yang resah
Karena memberontak terhadap rumah
Memberontak terhadap adat yang latah
dan akhirnya tergoda cakrawala
Sia-sia kucari pancaran matamu
Ingin kuingat lagi bau tubuhmu yang kini sudah kulupa
Sia-sia
Tak ada yang bisa kucamkan
Sempurnalah kesepianku
Angin pemberontakan menyerang langit dan bumi
Dan duabelas ekor serigala
Muncul dari masa silamku
Merobek-robek hatiku yang celaka
Berulangkali kupanggil namamu
Dimanakah engkau wanitaku?
Apakah engkau sudah menjadi masa silamku?

Hai, Ma! - puisi WS Rendra -

Image
Ma,
bukan maut yang menggetarkan hatiku
Tetapi hidup yang tidak hidup
karena kehilangan daya dan kehilangan fitrahnya

Ada malam-malam aku menjalani
lorong panjang tanpa tujuan kemana-mana
Hawa dingin masuk ke badanku yang hampa
padahal angin tidak ada
Bintang-bintang menjadi kunang-kunang
yang lebih menekankan kehadiran kegelapan
Tidak ada pikiran, tidak ada perasaan,
tidak ada suatu apa…..
Hidup memang fana Ma,

Tetapi keadaan tak berdaya
membuat diriku tidak ada
Kadang-kadang aku merasa terbuang ke belantara,
dijauhi ayah bunda dan ditolak para tetangga
Atau aku terlantar di pasar, aku berbicara
tetapi orang-orang tidak mendengar
Mereka merobek-robek buku
dan menertawakan cita-cita
Aku marah, aku takut, aku gemetar,
namun gagal menyusun bahasa
Hidup memang fana Ma,

itu gampang aku terima
Tetapi duduk memeluk lutut sendirian di savanna
membuat hidupku tak ada harganya
Kadang-kadang aku merasa
ditarik-tarik orang kesana-kemari,
mulut berbusa sekedar karena tertawa
Hidup cemar oleh basa-basi dan
orang-orang mengisi w…

100 Hari Ibu

Assalamu'alaikum Warahmatullahiwabarakatuh

HAI JIWA YANG TENANG, KEMBALILAH KEPADA TUHANMU DENGAN RIDHA LAGI DIRIDHAI-NYA. MAKA MASUKLAH KE DALAM GOLONGAN HAMBA-HAMBAKU DAN MASUKLA KE DALAM SORGAKU (Q.S. Al-Fajr: 27-30)

100 hari telah berlalu, ketika kami untuk terakhir kalinya dapat memandang haru, wajahnya yang tenang dan damai, untuk melepas kepergiannya untuk selama-lamanya menghadap kembali kehadirat Allah SWT.

Begitu banyak kenangan indah dan suri tauladan yang ditinggalkannya. Dan yang paling terkesan bahwa ia dicintai bukan karena pangkat dan kekayaannya melainkan karena kesederhanaan, kejujuran, ketaqwaan dan ketaatan beribadah serta kasih sayangnya terhadap sesama.

Tiada kata yang dapat kami sampaikan kepadanya sebagai balasan atas semua yang ditinggalkannya kepada kami kecuali doa, memohon kepada Allah SWT agar almarhumah diampuni kesalahannya, dilimpahkan rahmat dan maghfirahnya, diterima dan dilipatgandakan amal ibadahnya serta diberi tempat yang layak disisiNya.

Amin …

Tata Kalimat

Tata kalimat adalah kaidah penyusunan kata sehingga menjadi kalimat yang baik dan benar dan mempunyai arti sekaligus memenuhi persyaratan kebaikan dan kebenaran.
Namun, dalam artikel ini kita tidak membahas tentang kalimat yang baik dan benarnya, tapi...?
Cobalah ini. Ambil salah satu tulisan kita yang paling membosankan dan pilih dari situ tiga atau empat baris atau kalimat berturut-turut dan salinlah kalimat tersebut ke baris teratas sebuah kertas kosong.

"Aku tidak bisa menulis karena aku adalah sebongkah es balok dan mulutku menjadi kering dan tidak ada yang perlu disampaikan dan aku lebih suka makan es krim."

Oke, anggaplah setiap kata hanya sebagai balok-balok kayu, semuanya dengan ukuran dan warna yang sama. Tidak ada kata benda atau kata kerja yang punya nilai lebih daripada kata sebuah, yang, dan. Semuanya setara. Sekaran, sepanjang sepertiga halaman itu, utak atiklah kata-kata tersebut seakan-akan kita hanya memindah balok-balok kayu. Jangan coba untuk mengerti ap…

Aku Tidak Tahu

Aku Tidak Tahu Aku Tidak TahuAku Tidak TahuAku Tidak TahuAku Tidak Tahu Aku Tidak Tahu Aku Tidak Tahu Aku Tidak TahuAku Tidak TahuAku Tidak TahuAku Tidak Tahu Aku Tidak TahuAku Tidak Tahu Aku Tidak TahuAku Tidak TahuAku Tidak TahuAku Tidak Tahu Aku Tidak TahuAku Tidak Tahu Aku Tidak TahuAku Tidak TahuAku Tidak TahuAku Tidak Tahu Aku Tidak Tahu
Aku Tidak Tahu Aku Tidak TahuAku Tidak TahuAku Tidak TahuAku Tidak Tahu Aku Tidak Tahu Aku Tidak Tahu Aku Tidak TahuAku Tidak TahuAku Tidak TahuAku Tidak Tahu Aku Tidak TahuAku Tidak Tahu Aku Tidak TahuAku Tidak TahuAku Tidak TahuAku Tidak Tahu Aku Tidak TahuAku Tidak Tahu Aku Tidak TahuAku Tidak TahuAku Tidak TahuAku Tidak Tahu Aku Tidak Tahu
Aku Tidak Tahu Aku Tidak TahuAku Tidak TahuAku Tidak TahuAku Tidak Tahu Aku Tidak Tahu Aku Tidak Tahu Aku Tidak TahuAku Tidak TahuAku Tidak TahuAku Tidak Tahu Aku Tidak TahuAku Tidak Tahu Aku Tidak TahuAku Tidak TahuAku Tidak TahuAku Tidak Tahu Aku Tidak TahuAku Tidak Tahu Aku Tidak TahuAku Tidak TahuAku …

Galau, Aku galau

Pas lagi fokus2nya nyelesaikan tugas, tiba-tiba ada PESAN MASUK:
"Yank, ayank kok keluyuran sih? katanya mau lembur?"

(*Aku dengan esmosi langsung pencet tombol BALAS):
"Ngajak kelahi ke ape ni? Kalau mau nyari gara2 jangan kek ginilah caranya!!!!"

PESAN MASUK lagi: "kok ngajak kelahi sih? kamu kan keluyurannya di hatiku!!!! Tp itu tadi, skrang udah NGGAK!!! kamu JAHAT!!! Je*eK!!! Egois!!!"

(*Dengan menyesal, segera ku telpon) terdengar suara:
"PUTUS!!! /*tut tut tuuut"

(*Telp lagi): tutt tuuttt tuuutttt

(*Telp Sekali lagi): "Nomor yang anda tuju sedang tidak aktif, cobalah beberapa saat lagi"

(*Beberapa saat kemudian): "Nomor yang anda tuju sudah punya pacar, cobalah nikmati kesendirian"

Saat menikmati kesendirian, terkadang tebersit juga kerinduan
(*Coba telp lagi aaahhhh): "Nomor yang anda tuju sudah menikah, cobalah hadapi kenyataan dengan kesabaran dan keikhlasan"

Aku: "?????" /*GALAU..

Puisi adalah

Puisi adalah bentuk karya sastra yang terikat, yang dibangun oleh dua unsur pokok, yakni (1)Struktur puisi, dan (2)Tema serta amanat puisi.
Unsur-unsur pokok itu dibangun oleh beberapa unsur lain. Unsur struktur dibangun oleh musikalitas, korespondensi, dan gaya bahasa. Sedangkan tema dan amanat dibangun oleh kekayaan imajinasi, kedalaman, kecendekiaan, keaslian, kejujuran, dan moralitas yang teguh.

Secara umum dapatlah dikatakan bahwa segala unsur-unsur puisi haruslah sama-sama berfungsi saling bahu membahu. Karena hakikatnya puisi adalah pengkonsentrasian dan pengintensipan pernyataan dan kesan.

Contoh puisi:

--SAAT AKU BUTUH CINTA--

Sunyi, sepi, hening, sendiri..

Dunia seakan mati, tak ada kehidupan
Tak ada rasa, hampa..
yang ada hanya kebekuan, kekakuan
yang ada hanya kebisuan, kegalauan

Saat itulah aku baru sadar
bahwasanya aku butuh cinta.
butuh kasih, dan butuh sayang.

Cinta..
Sebuah kata dengan berjuta makna

Cinta adalah harapan.
Cinta adalah keindahan.
Cinta adalah nilai-nil…

Peribahasa

Peribahasa adalah bentuk ungkapan yang berisi nasehat atau petuah dari nilai-nilai luhur budaya bangsa Indonesia dan merupakan hasil dari budaya sastra yang paling ringkas karena keberadaannya sangat penting untuk menyampaikan suatu maksud secara tidak langsung yang berisi suatu pesan moral.

Peribahasa adalah kumpulan kata-kata kiasan dan sindiran-sindiran halus, yang sarat dengan makna-makna dan petuah-petuah yang mengandung nilai-nilai pendidikan moral. Dan pada jaman dahulu, peribahasa dipergunakan sebagai penghalus pesan pada orang agar tidak tersinggung.

Contoh Peribahasa:
1. Ada uang abang disayang, tak ada uang abang ditendang; Artinya: Cinta seorang perempuan yang tidak sepenuh hati, cinta-nya hanya karena uang atau harta.
2. Kalah jadi abu, menang jadi arang; Artinya: Menang dan kalah sama-sama merugi.
3. Ada gula ada semut; Artinya: Dimana ada rezeki, disitu banyak orang yang mendatangi.
4. Membagi sama adil, memotong sama panjang; Artinya: Dalam mengambil keputusan suatu p…