Sumpah Pemuda "Ikrarkan Jadi Pemenang"


Oleh : Yan Djoko Pietono*)

Pada 28 Oktober diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda, hingga kini gaungnya di seantero Indonesia menggugah semangat pemuda pemudi  untuk memperingatinya. Belajar dari Sumpah Pemuda, ada catatan sejarah yang sangat berharga di dalamnya. Butir-butir dalam Sumpah Pemuda itu tidak hanya semata-mata disusun untuk menjadi hasil yang membantu kaum muda menjawab kebutuhan kemerdekaan dari penjajahan saat itu. Melainkan lebih dari itu, Sumpah Pemuda telah menjadi spirit yang terus terpatri dalam hati sanubari para pemuda Indonesia. Suatu spirit yang dibangun atas dasar kesamaan nasib dan cita-cita. Semoga kita bisa memahami makna arti sumpah pemuda ini dengan baik dan memahami bahwasannya perjuangan pemuda kala merebutkan dan memperjuangkan kemerdekaan tak bisa dipandang sebelah mata.

Hari ini hari sumpah pemuda ke 84 dan semoga para pemuda bisa belajar akan sejarah sumpah pemuda dengan baik dan mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari dalam berbangsa dan bernegara. Bila kita merefleksi makna Sumpah Pemuda bukan hanya makna persatuan dan kesatuan ,bertanah air satu tanah air Indonesia,berbangsa satu bangsa Indonesia, berbahasa satu bahasa Indonesia, tapi bagaimana pemuda kedepan selain tetap mempertahankan agar Indonesia tidak terpecah belah, juga membawa bangsa Indonesia menjadi “ pemenang “ dalam segala cita-cita dan harapan bersama. Sebagai pemuda  harus memiliki kemauan sebagai kata kunci dari mensuksesi bangsa dan negara ini  Apa yang pemuda inginkan untuk memajukan bangsa dan negara ini? Apakah pemuda ingin jadi pemenang dalam segala cita-cita dan harapan bangsa dan negara ?

Hidup ini penuh dengan kompetisi didalam segala hal , tinggal bagaimana kita mampu memenangkan disetiap kompetisi didalam kehidupan ini yang tanpa kita sadari sebenarnya saling memperebutkan impian. “ Mind concept of your life “ wahai pemuda , selayaknya sudah anda patri didalam benak anda, karena itu adalah impian yang akan anda raih. Jangan bilang hidup ini tidak ada kemauan dan keinginan,sungguh naif. Hidup ini terlalu pendek, sangat sayang bila disia-siakan. Hanya bermalas-malasan ( a lazy man never has time ), hidup tanpa tujuan ( life without goals ), mencari nikmat sesaat dan hancur dikemudian penuh penyesalan karena telah terjurumus pada jeratan narkoba , free sex dan semen leven. Maka dari itu miliki kemauan adalah motivator anda. Willingness is an absolute requirement if you want to be successfull (Kemauan adalah syarat mutlak bila anda ingin sukses!).

Tidak ada problematika hidup ini yang tidak ada jalan keluarnya selama kita masih memiliki kemauan untuk mencari jalan keluarnya. Keruwetan benang dapat diurai dengan kesabaran, sedang keruwetan hidup dapat diurai dengan ketawakalan.Kemauan adalah syarat mutlak pemuda didalam meraih segala keberhasilan.Selama kemauan tidak ada, maka keberhasilan juga sirna, sebab keberhasilan itu harus diupayakan dengan kemauan keras, ulet dan pantang menyerah serta tidak takut gagal.Sebab kegagalan  adalah  jembatan menuju keberhasilan.

Kemauan apa dalam hidup ini yang akan harus pemuda perjuangkan?
Hidup itu penuh perjuangan untuk menentukan pilihan berbangsa dan bernegara dalam kehidupan yang terbaik . Tentunya terbaik dalam mensejahterakan dan memakmurkan rakyat sesuai harapan bangsa. Dalam proses kemauan kita memeluk keinginan untuk menjadi pemenang maka pemuda harus optimalkan kekuatan dalam diri masing-masing untuk kita eksplorasi dan eksploitasi , sebab manusia memiliki kekuatan dahsyat yaitu sebagai berikut :

1. Kekuatan Impian (The Power of Dreams).
Untuk memperoleh hal-hal terbaik dalam kehidupan ini, setiap pemuda harus memiliki impian jelas dan harus berani memimpikan hal-hal terindah dan terbaik yang diinginkan bagi kehidupan .Tanpa impian, kehidupan kita akan berjalan tanpa arah dan akhirnya kita tidak menyadari dan tidak mampu mengendalikan ke mana sesungguhnya kehidupan kita akan menuju.Bermimpi itu gratis, sungguh naif jika pemuda tidak memiliki sama sekali impian.Mulai sekarang segera merubah mindset , pemuda harapan bangsa calon generasi penerus ( agent of change ). Masa depan bangsa dan negara ini terletak dipundak pemuda, jangan biarkan masa depan bangsa ini suram.

2. Kekuatan dari Fokus (The Power of Focus)Fokus adalah daya (power) untuk melihat sesuatu termasuk masa depan, impian, sasaran atau hal-hal lain seperti kekuatan dan kelemahan dalam diri, peluang di sekitar kita, sehingga lebih jelas dan mengambil langkah untuk mencapainya.Seperti sebuah kacamata yang membantu seorang untuk melihat lebih jelas, kekuatan fokus membantu pemuda melihat impian, sasaran, dan kekuatan kita dengan lebih jelas, sehingga kita tidak ragu-ragu dalam melangkah untuk mewujudkannya.

3. Kekuatan Disiplin Diri (The Power of Self Discipline)
Pengulangan adalah kekuatan yang dahsyat untuk mencapai keunggulan. Kita adalah apa yang kita lakukan berulang-ulang. Menurut filsuf Aristoteles, keunggulan adalah sebuah kebiasaan.Kebiasaan terbangun dari kedisiplinan diri yang secara konsisten dan terus-menerus melakukan sesuatu tindakan yang membawa pada puncak prestasi seseorang. Kebiasaan kita akan menentukan masa depan kita.Untuk membangun kebiasaan tersebut, diperlukan disiplin diri yang kokoh. Sedangkan kedisiplinan adalah bagaimana kita mengalahkan diri kita dan mengendalikannya untuk mencapai impian dan hal-hal terbaik dalam kehidupan ini.

4. Kekuatan Perjuangan (The Power of Survival)
Setiap manusia diberikan kekuatan untuk menghadapi kesulitan dan penderitaan. Justru melalui berbagai kesulitan itulah kita dibentuk menjadi ciptaan Tuhan yang tegar dalam menghadapi berbagai kesulitan dan kegagalan.Seringkali kita lupa untuk belajar bagaimana caranya menghadapi kegagalan dan kesulitan hidup, karena justru kegagalan itu sendiri merupakan unsur atau bahan yang utama dalam mencapai keberhasilan atau kehidupan yang berkelimpahan.

5. Kekuatan Pembelajaran (The Power of Learning)
Salah satu kekuatan manusia adalah kemampuannya untuk belajar. Dengan belajar kita dapat menghadapi dan menciptakan perubahan dalam kehidupan kita. Dengan belajar kita dapat bertumbuh hari demi hari menjadi manusia yang lebih baik.Belajar adalah proses seumur hidup. Sehingga dengan senantiasa belajar dalam kehidupan ini, kita dapat terus meningkatkan taraf kehidupan kita pada aras yang lebih tinggi.

6. Kekuatan Pikiran (The Power of Mind)
Pikiran adalah anugerah Tuhan yang paling besar dan paling terindah. Dengan memahami cara bekerja dan mengetahui bagaimana cara mendayagunakan kekuatan pikiran, kita dapat menciptakan hal-hal terbaik bagi kehidupan kita. Dengan melatih dan mengembangkan kekuatan pikiran, selain kecerdasan intelektual dan kecerdasan kreatif kita meningkat, juga secara bertahap kecerdasan emosional dan bahkan kecerdasan spiritual kita akan bertumbuh dan berkembang ke tataran yang lebih tinggi. Semua dari kita berhak dan memiliki kekuatan untuk mencapai kehidupan yang berkelimpahan dan memperoleh hal-halterbaik dalam kehidupannya. Semuanya ini adalah produk dari pilihan sadar kita, berdasarkan keyakinan kita, dan bukan dari produk kondisi keberadaan kita di masa lalu dan saat ini.

Dalam hidup, kita akan selalu menghadapi masalah dan rintangan. Namun kita tidak perlu takut, sebab setiap masalah dan rintangan yang ada sudah disertai dengan jalan keluarnya. Kita sudah memiliki kekuatan untuk mengatasi masalah hidup dan mengatasi rintangan yang menghambat kita. Jika kekuatan itu belum nampak, artinya kita perlu membangkitkannya. Yakinlah, belajarlah, latihlah, dan cobalah.Nah,para pemuda pemudi di negeri ini selamat berjuang untuk menentukan pilihan dan yang paling utama adalah pilihan untuk menjadi pemenang......
*) Pemulis adalah Edukator,Motivator,Trainer dan Penulis Buku.

Related Post:

Belum ada komentar untuk "Sumpah Pemuda "Ikrarkan Jadi Pemenang""

Post a Comment