Bukan hanya sekedar Kata Mutiara, agar Tahun Baru Islam 1437 Hijriyah lebih berArti dan berMakna

Tahun baru Islam hijriah memberikan arti dan makna tersendiri bagi umat Islam. 1 Muharam 1437 Hijriyah, tentu akan ada banyak yang merayakan tahun baru Islam tersebut. Tahun Baru Islam Jatuh Pada hari Rabu 14 Oktober 2015. Seperti Biasa Menjelang pergantian Tahun baru Islam 2015 ini akan banyak kata kata Mutiara untuk ucapan tahun baru islam 2015 atau 1 Muharram 1437 Hijriyah ini disampaikan kepada orang orang terkasih dan tersayang.

Sebelum mengucapkan kata-kata mutiara tersebut, mari kita coba ulas sedikit tentang apa tahun baru Islam dan bagaimana sejarah tahun baru Islam? Jika kita sudah mengetahui apa dan sejarah tahun baru Islam, maka selanjutnya kita akan mudah mengucapkan kata-kata mutiara yang sekaligus bisa memaknai arti tahun baru Islam.

Apa itu tahun baru Islam?
Dikutip dari islamcendikia, Tahun baru Islam adalah pergantian tahun dalam Islam menggunakan perhitungan bulan. Tahun baru Islam dihitung sejak Nabi Muhammad Saw hijrah dari Mekah menuju Madinah sehingga penanggalan dalam Islam dinamakan Hijriah.

Berbeda dengan penanggalan nasional dan dunia pada umumnya menggunakan perhitungan Masehi dengan sistem matahari dan dimulai pada zaman Nabi Isa As.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa tahun baru Islam adalah pergantian tahun umat muslim yang menggunakan metode penanggalan bulan (qomariyah) dan dimulai sejak Nabi Muhammad Saw hijrah dari Mekah ke Madinah.

Sejarah tahun baru Islam
Sejarah tahun baru Islam berawal dari kebimbangan umat Islam saat menentukan tahun. Hal ini tidak lepas dari fakta sejarah pada zaman sebelum Nabi Muhammad, orang-orang Arab tidak menggunakan tahun dalam menandai apa saja, tetapi hanya menggunakan hari dan bulan sehingga membingungkan.

Sebagai contoh, pada waktu itu Nabi Muhammad lahir pada tahun Gajah. Hal ini menjadi bukti bahwa pada waktu itu kalangan umat Arab tidak menggunakan angka dalam menentukan tahun sehingga membingungkan.

Berawal dari sini, para sahabat berkumpul untuk menentukan kalender Islam, salah satu di antaranya yang hadir adalah Utsman bin Affan, Ali Bin Abi Thalib, dan Thalhan bin Ubaidillah.

Mengenai sejarah kalender Islam, mereka ada yang mengusulkan kalender Islam berdasarkan hari kelahiran Nabi Muhammad, ada yang mengusulkan sejak Nabi Muhammad diangkat sebagai rasul.

Namun, usul yang diterima adalah usulan dari Ali Bin Abi Thalib di mana beliau mengusulkan agar kalender hijriah Islam dimulai dari peristiwa hijrah Nabi Muhammad dari Mekah dan Madinah.

Dari usul Ali inilah sejarah kalender Islam pertama kali dibuat dan sejarah tahun baru Islam pada mulanya ada.

Arti tahun baru Islam
Jika melihat sejarah tentang lahirnya kalender Islam pertama kali, tentu arti tahun baru Islam menjadi meomentum pergantian tahun Islam dari tahun satu ke tahun berikutnya, misalnya dari tahun baru Islam 2014 menuju tahun baru Islam 2015 menuju tahun baru Islam 2016 dan seterusnya.

Tahun baru Islam memiliki arti tersendiri bagi umat muslim untuk merayakan tahun baru Islam dengan berbagai aktivitas Islami dan hal-hal yang bernilai positif.

Arti tahun baru Islam pada masing-masing orang tentu berbeda. Tapi, secara global arti tahun baru Islam diharapkan bisa memberikan angin baru bagi segenap umat Muslim untuk berbuat lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

Makna tahun baru Islam
Makna tahun baru Islam bahwa Nabi Muhammad hijrah dari Mekah menuju Madinah merupakan peristiwa penting lahirnya Islam sebagai agama yang berjaya.

Dari peristiwa hijrah, Islam berkembang pesat di Madinah yang pada akhirnya berkembang dan meluas hingga ke Mekah dan daerah-daerah sekitarnya termasuk Indonesia hingga sekarang. Nabi Muhammad sendiri berhijrah bukan tanpa alasan, tetapi mendapatkan wahyu sekaligus bentuk respon untuk menanggapi sikap masyarakat Arab yang kurang berkenan dengan ajaran Islam.

Dampak dari peristiwa hijrah Nabi Muhammad ini, Islam mulai menunjukkan keislamannya dan negara Islam (daulah Islamiyah) terbentuk. Daulah Islamiyah pada zaman Nabi sangat menjunjung tinggi toleransi yang termaktub dalam Piagam Madinah.

Tahun baru Islam Hijriah jatuh pada tanggal 1 Muharram dan umat muslim di Indonesia biasanya merayakan dengan berbagai agenda, seperti pawai ta`aruf, pengajian, hingga memaknai tahun baru Islam dengan agenda-agenda yang mengkolaborasikan budaya daerah masing-masing.

Akhirnya, saya hanya ingin mengingatkan kembali bahwa puncak kejayaan Islam sebagai agama rahmatan lil alamin (rahmat bagi segenap alam semesta) yang membawa kebenaran, kebaikan, mengajarkan cinta dan kasih sayang, dan simbol lahirnya keadilan dimulai dari peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad dari Mekah ke Madinah yang dijadikan sebagai peletak dasar kalender Islam Hijriah.

Oleh karena itu, mari kita merayakan dan memaknai tahun baru Islam dengan menyebarkan kebaikan, cinta, dan kasih sayang kepada segenap makhluk Allah di alam semesta.

Selamat Tahun Baru Islam 1 Muharam 1437 Hijriyah.

    Amalan yang indah berawal dari hati yang indah, indahkan hati dengan tutur kata yang indah. Bulan Muharram memang penuh dengan berkah. Yuk kita sambut Tahun Baru Hijriyah.

    Alangkah elok bulan ini, cerah sinari Muharram... Aku berharap di tahun ini, semoga bisa hijrah dari amal SALAH ke amal SOLEH.

    Bintang-bintang berkedip indah. Menggoda bulan yang masih malu-malu. Selamat Tahun Baru Hijriah 1437 H. Buat engkau yang ada di hatiku.

    Bumi terharu jadi basah, mengiringi bersyukur dengan kata Alhamdulillah, Kepada ALLAH SWT Yang Maha Pemurah, Karena telah menurunkan hujan berkah, Untuk kami di dunia ini agar giat beribadah. Selamat Tahun Baru Islam 1437 Hijriah Wahai Segenap Kaum Muslimin.

    Bulan sabit tiba membelah awan, Bintang-bintang pun tersenyum tuk menyambut datangnya Tahun Baru Islam 1437 Hijriyah... Semoga tahun ini kita dipenuhi kebaikan dan keberkahan... Aamiin..

    Bulan sabit tersenyum ramah. Didampingi Bintang-bintang nan indah. Selamat Tahun Baru Hijriah 1437 H. Semoga tahun ini lebih berkah.

    Bulan sabit datang membelah kelabu, bintang-bintang pun muncul terharu. Selamat Tahun Baru Hijriah 1437 H!

    Bulan sabit menghilang mengawali datangnya bulan yang baru, bintang-bintang yang indah tertutup gelapnya awan di malam hari. Ku ucapkan Selamat Tahun Baru Hijriyah, dan semoga tahun ini adalah awal tahun yang di penuhi berkah.

    Dalam sholat lebih banyak pahala. Jika dijalankan secara berjamaah. Kuucapkan dengan hati bahagia. Selamat Tahun Baru Hijriah 1437 H.

    Dunia yang di penuhi fatamorgana, menipu diri dengan keindahan syurga. Waktu berlalu tanpa terasa, kini hadir hari yang kita damba. Selamat Tahun Baru Hijriyah untuk sahabat tercinta.

    Hal yang utama dari tahun baru Hijriah adalah Hijrah atau berpindah dari kegelapan menuju cahaya Islam... Dari kekufuran menuju keimanan... Dan dari maksiat kepada amal shalih... Semoga kita mampu meletakkan hijrah yang sebenar-benarnya dengan hijrah total ke hal yang lebih baik pada tahun baru ini. Aamiin..

    Indahnya Bulan Muharram 1437 H, moga menyinari hidup kita untuk selalu hanya beribadah kepada Allah SWT.

    Ke toko beli sajadah. Sekalian beli jilbab dan mukena. Selamat Tahun Baru Islam 1437 Hijriah. Semoga lebih mantap iman dan taqwanya.

    Langit yang biru menetes gerimis hujan. Melihatmu semakin teguh beriman, dalam taqwa Kepada Allah Ta’ala. Dengan penuh keikhlasan dan Ketekunan, Selamat Tahun Baru Islam 1437 Hijriah Sahabat-ku!!

 Meskipun tanpa kembang api, meskipun tanpa diwarnai dengan pesta dansa, ku yakin tahun baru Hijriah lebih bermakna dari tahun baru serupa. Met Tahun Baru 1437 H.

    Mentari nampak tersenyum cerah, melihat bunga-bunga rela untuk bersedekah, kepada kupu-kupu, kumbang dan juga lebah. Semurni senyummu yang mempesona nan indah, beraroma wangi dan taat ibadah, Selamat Tahun Baru 1437 Hijriah wahai kawan sekalian!

    Marilah kita sambut Tahun Baru Hijriyah dengan berhijrah dari hal yang penuh kegelapan menuju cayaha Islami, dari sifat kekufuran menuju keimanan. Semoga pada tahun baru Hijriyah 1437 ini, rezekimu bertambah dan panjang umur. Aamiin..

    Satu tahun telah kita jalani... semoga AMAL KEBAIKAN kita di TAHUN lalu diterima ALLAH SWT. Selamat Tahun Baru Hijriah 1437 H.

    Selamat Tahun Baru 1437 H. Semoga di tahun ini kita diberi kesehatan, umur panjang, rezeki, dan kemudahan dalam hidup. Aamiin..

    Semoga di Tahun Baru Islam 2015, seluruh umat di dunia diberikan kesehatan, umur panjang, rezki dan kemudahan dalam hidup. Aamiin.. Selamat Tahun Baru Hijriyah 1437.

    Selamat Tahun Baru Hijriyah 1437. Semoga kita bisa hijrah dari syirik menuju tauhid, dari munafik menuju sidiq, dari cinta dunia menuju cinta akhirat.

    Semoga di Tahun Baru Islam 2015 kita akan lebih mantap, selalu beriman dan bertaqwa di Tahun Baru Hijriyah 1437 ini, dan tahun yang akan datang.

    Semoga kita semua memperoleh Hijrah kepada kehidupan dan amal yang lebih baik di Tahun Baru Islam 2015 ini.
    Sikap yg baik berasal dari hati yg baik pula. Bersihkan hati, bersihkan dari segala kesalahan dengan bertaubat & melakukan kebaikan di hari kemudian. Selamat Menyambut 1 Muharram 1437 Hijriah.

    Sucikan hati, bersihkan jiwa, Selamat Tahun Baru 1437 H. Semoga tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya... Aamiin..

    Wahai Sahabatku, pertebal iman, perbanyak ibadah, mari sambut Tahun Baru 1437 Hijriah dengan tekad menjadi khalifah untuk kebermanfaatan bumi beserta isinya.


Related Post:

Belum ada komentar untuk "Bukan hanya sekedar Kata Mutiara, agar Tahun Baru Islam 1437 Hijriyah lebih berArti dan berMakna "

Post a Comment