Sesuatu Seperti Puisi

Petikan dari sajak
Some Like Poetry
Wislawa Szymborska

Puisi-
tapi apakah puisi.
Banyak jawaban mencengangkan
ditujukan pada ini pertanyaan.
Tapi aku tak tahu dan tak tahu dan terus tak tahu dia
seperti menjejaki tangga yang tak ada habisnya.

$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$

Bila Putus Asa Meraja
Beri aku sahabat dan kekasih
Segenap perkerabatan, kau terlebih
Masih saja, aku lumpuh letih

Engkaulah Nuh dan bahtera
Engkau gelap dan cahaya
Masih saja, aku terkabuti rahasia

Engkau gairah cinta dan kemarahan
Engkau burung dan kurungan
Masih saja, aku sesat terbang sendirian

Engkaulah anggur dan gelas piala
Engkaulah tetes air dan samudera
Masih saja, aku terapung terbawa

Aku berkata, "Oh Jiwa dunia
Keputusasaanku telah meraja!"
"Akulah kesejatianmu," tanpa maki,
"Hargai aku lebih dari emas murni."

Engkaulah umpan dan jebak
Engkaulah peta dan jalan setapak
Masih saja, aku mencari jejak

Engkaulah manis madu dan racun
Engkau terkalahkan dan penaklukan
Masih saja, pedangku di tangan

Engkaulah hutan dan gergaji
Engkau yang mentah, yang siap saji
Masih, aku di pot tak bisa pergi

Engkau kabut dan sinar matahari
Engkaulah air dan kendi
Masih saja, aku haus tak henti

Shamsi adalah aroma harum
Kebanggaan Tabriz pembangkit senyum
Masih saja, aku hanya penjual parfum

* Syair ke 26 dari Diwani Shams Tabriz,
Karya Jalaluddin Rumi. Judul dari HA.

yang dikutip dari sejuta-puisi.blogspot.com

Comments

Popular posts from this blog

Tandak Sambas - Ivan Seventeen

Terjemahan Lirik dan Makna Lagu Unholy Confessions - Avenged Sevenfold

Terjemahan dan Makna Lirik Lagu Avenged Sevenfold "A Little Piece Of Heaven"