Cara Membuat Bahasa: sastra atau fiksi

From Klingon language in the Star Trek universe, to the Na'vi language from James Cameron's Avatar, fictional languages can go a long way towards making a work of fiction feel "real" and "lived-in". Making a fictional language can be an intense undertaking - for instance, J.R.R. Tolkien famously studied linguistics as an academic before penning the Lord of the Rings novels, which incorporated multiple languages of his own creation. However, depending on the scope of the project, it's also possible for amateurs to create their own fictional languages for fun or as part of a self-constructed fictional world. - wikihow.com: How to create a language
 

 Pernah terpikir bagaimana para creator linguistik membuat bahasa klingon yang digunakan di film star trek? atau bahasa suku na'vi dari James Cameron di film Avatar? atau jika pernah terlibat langsung dalam kreativitas teman-teman sekolah kita dalam membuat sebuah bahasa rahasia, kode, morse, atau bahasa isyarat-isyarat lainnya?

Ternyata bahasa fiksi dapat membawa kita ke arah membuat sebuah karya fiksi yang terasa real, nyata dan hidup. Membuat bahasa fiksi bisa menjadi sebuah usaha creative jika dilakukan secara intens.  - Ambil sebuah contoh; JRR Tolkien yang terkenal: mempelajari linguistik  (sebagai seorang akademisi) sebelum menuliskan Novel Lord of the Rings dan ternyata ia memasukkan beberapa bahasa buatannya sendiri ke dalam novel tersebut. Namun, semua itu tergantung pada ruang lingkup proyek pembuatan bahasa itu sendiri. Bisa juga mungkin untuk kita yang masih amatir, membuat bahasa fiksi untuk kita sendiri - just for fun - misalnya, atau sebagai bagian dari dunia fiksi yang kita bangun sendiri.

Oke, langsung saja.. bagaimanakah cara membuat bahasa yang ingin kita kembangkan sendiri?

1. Beri Nama Bahasa Kita. Kita memiliki kontrol penuh atas hal itu! Pastikan kedengarannya seperti nama sebuah bahasa

2. Mulailah dengan pengucapan. Kita dapat memilih bagaimana mengucapkan bahasa, memberikan suara secara keseluruhan dan kita enak untuk mengucapkannya.  

3. Buat alfabet bahasa itu. Ini adalah di mana Kita bisa lebih kreatif untuk menjadikan apa pun alfabet yang kita inginkan. 

4. Buat kosakata. Ini adalah kata-kata untuk bahasa kita. Kita harus memulai dengan membuat kata-kata umum pertama, dan kemudian beralih ke yang kurang umum dan lain-lain.

5. Buat kamus bahasa kita sendiri. Membuka kamus dan mulai menyalin kata-kata dengan terjemahan. Tidak hanya akan membantu jika kita lupa bagaimana mengatakan sesuatu, tetapi akan memastikan kita tidak kehilangan kata-kata yang sudah kita buat.

Demikian langkah awal untuk membuat bahasa sendiri, selamat menikmati bahasa sendiri . . .



 

Related Post:

Belum ada komentar untuk "Cara Membuat Bahasa: sastra atau fiksi"

Post a Comment