Huruf bergerak dan makna bergetar

Jujur saja aku sangat-sangat cemburu melihat kalian-kalian yang telah diwisuda. Bukan karna gelar yang telah tertempel dibalik nama kalian, melainkan buah hasil karya kalian!!! Penelitian kalian! Skripsi kalian! Tulisan kalian! Yeaaah, tulisan kalian!!!

Katanya..menjadi penulis itu merupakan pilihan hidup yang membutuhkan kerja keras dan "tangis darah" yang senantiasa meletup.

Walaupun kelihatannya sebagai kerja kreatif yang tak membutuhkan keringat mengucur, seperti halnya kerja fisik, akan tetapi dalam proses menulis, tak hanya energi tubuh yang menguar, pikiran pun senantiasa membara dan membutuhkan konsentrasi berlipat ganda. Maka, walaupun Arswendo Atmowiloto mengatakan bahwa "mengarang itu gampang", tak serta merta menghasilkan tulisan itu semudah membalikkan telapak tangan.

Kerja kreatif dalam menulis membutuhkan energi yang berlipat dan pasokan "bahan bakar" yang tak boleh kering. Niat, komitmen, visi, misi dan integritas diri menjadi taruhan penting bagi kelangsungan hidup karya itu sendiri. Apakah hasil karya tulisan kita hanya berkibar sejenak, setelah itu tenggelam dalam catatan riwayat usang? Atau, karya tulisan kita dikenal mendunia, tapi disertai dengan kerja keras, air mata yang mendarah dan mengucur deras setiap saat, sebagai lambang kesetiaan?

Menjadi penulis tangguh dan menyejarah, tidak sekadar hadir dan menyemburkan ide-ide kreatif di berbagai media. Akan tetapi, menjadi "sisi lain" kehidupan pribadi yang menunjang kecemerlangan karya yang dihasilkan. Untuk itulah dibutuhkan kerja keras, keberanian, dan komitmen diri yang tak mudah kering.

Karya kreatif yang lahir dari rahim pemikiran serta imajinasi penulis, telah melampaui serangkaian pengalaman atas kejadian, perenungan, dan implementasi menjadi sebuah narasi. Selain itu, kisah tragis yang mewarnai kehidupan pribadi menjadi elemen penting yang mengukuhkan karya dan menyuguhkan simpati pembaca. Di atas tangan ini setiap huruf bergerak dan setiap makna bergetar.

Related Post:

Belum ada komentar untuk "Huruf bergerak dan makna bergetar"

Post a Comment